Dampak Bagi Anda yang Suka Selfie Cantik

SHARE:

Konten yang akan kamu baca ini agak sedikit frontal dan vulgar . Mungkin kamu akan berpikir, “ Ih Jorok!” dan lalu menganggap saya orang ya...

Konten yang akan kamu baca ini agak sedikit frontal dan vulgar. Mungkin kamu akan berpikir, “Ih Jorok!” dan lalu menganggap saya orang yang anu. Tidak apa-apa. Saya cuma pengin ngasih tau ke kalian bahwa hal yang akan saya tuliskan di bawah ini benar-benar ada!
Dan sebelum kamu merasa jorok, saya akan tuliskan dulu fenomena-fenomena hijab, buat membuka pikiran kamu.
Saya pernah menulis sebuah monolog fiksi (17 April 2015) seperti ini,
Monolog: Jangan Sampai Cantikmu Jadi Musibah Untukmu
“Dik, ini harus kakak ceritakan. Kakak benar-benar bahagia melihat perubahan yang kentara pada dirimu. Ini menandakan bahwa memang hidayah Allah datang tanpa diduga-duga. Bukanlah maksud, kakak ingin meminta satu hal. Tolong, hapus foto-fotomu di sosial media.
Sepertimu, dik, kakak juga seseorang yang berubah. Kakak juga seorang yang berhijrah dan senantiasa mematut diri agar lebih baik di hadapan Allah. Akan kakak beritahu engkau satu hal, di internet, di sebuah forum, kakak pernah menjadi anggota. Meskipun anggota pasif, tetapi kakak rajin mengunjungi forum tersebut. Tahu apa yang ada di sana, dik?
Kakak sebenarnya malu mengatakan ini padamu, karena ini adalah aib, karena ini adalah bau busuk yang selama ini kakak berusaha tutupi. Tapi demi kebaikan, demi engkau, demi dakwah! Akan kakak sampaikan ini …
Bagi pandangan kami, lelaki, wanita adalah keindahan. Allah telah menuliskan itu dalam Al-Quran. Memandang wanita adalah suatu kebahagiaan yang tak terkira. Tetapi di sisi lain, wanita juga menjadi ahli waris dari fitnah. Dan itu yang akan terjadi padamu jika kau abaikan ini.
Kakak minta maaf sebelumnya, bahasanya akan sedikit tak enak didengar. Jorok. Di forum tersebut, ada topik berjudul ‘Tukeran bahan coli yuk!’ dan adik tahu isinya apa? Foto-foto wanita! Kakak bilang wanita, berarti semua wanita. Termasuk mereka yang menamai diri dengan sebutan ‘akhwat’, kumplit dengan hijab syar’inya.
Mereka yang melihat foto itu bilang, ‘Lagi, suhu. Yang ketutup gini lebih bikin penasaran. Lan-crot-kan.’
Mereka yang mengunggah pun berujar, ‘Stok foto cewe berjilbab masih banyak, gue ambil di facebook sama instagram ha ha.’
Dik, ini benar-benar terjadi. Kakak melihat sendiri. Itu baru foto, belum video-videonya.
Kenapa kakak ceritakan ini padamu, karena kakak sayang dunia-akhiratmu, kakak berusaha menghindarkan api neraka daripadamu, dan ibu, dan ayah; keluarga kita.
Kakak tak tahu bagaimana menyampaikan fakta gila ini pada khalayak, maka kakak ceritakan ini padamu, adikku, dengan harapan bahwa engkau bisa menyampaikan fakta ini kepada teman-temanmu, kepada sahabat-sahabatmu. Agar kalian bisa sama-sama menjaga diri dari hal-hal di luar sepengetahuan kalian.
Dik, jangan sampai cantikmu jadi musibah untukmu. Tutup auratmu, hapus fotomu.”
Dapat pesan yang ingin saya sampaikan? Monolog di atas hanya ilustrasi saja. Niat saya, dulu, buat mengingatkan pake cara halus. Tapi gak mempan, ternyata. Hvft.
Yaudah, saya frontalin aja. Sekarang.
Sebetulnya, sudah lama saya ingin utarakan alasan, kenapa saya menulis tulisan di atas. Tetapi entah berapa kali niat itu terurungkan karena khawatir akan muncul silang pendapat yang tidak sehat antara jama’ah selfieyah dengan alasan-alasannya dan jama’ah atuhlah … juga dengan alasan-alasan sendiri.
Selfie itu urusan masing-masing!
Atuhlaahh … jangan selfie, nanti dianuin orang fotonya.
Saya termasuk jama’ah atuhlah. Saya peduli sama kamu, iya kamu. Apalagi kalau kamu itu perempuan yang, beuh, kerudungnya lebar berkibar-kibar. Kalau udah sanggup, mah, dinafkahin dah.
Mungkin memang, hijab tidak senantiasa menggambarkan akhlak pemakainya. Tetapi setidaknya, jangan menjadi pemicu munculnya anekdot-anekdot yang tidak mengenakkan telinga, “Yang berhijab belum tentu baik. Mending hijabi hati dulu, deh.”
Saya tidak akan membahas mengenai hukum dari hijab, sudah banyak yang bahas.

Hijab dan Akhlak



Source: ikayphotography.tumblr.com

Ada yang pernah mengikuti anuan antara mbak Wirda Mansur sama Komika Uus? Bukan tentang selfie, sih, tapi masih berhubungan. Kejadiannya sekira 1 Maret 2016. Begini …
Uus: Cewek pake hijab, terus dateng ke konser (konser K-POP –sbh) nangis-nangis. Mungkin keluarganya terlalu over protektif jadi pelampiasannya di situ.
Wirda Mansur: Gue pribadi suka kesel kalau ada yang menyangkut pautkan soal hijab dengan kekurangan orang. Enggak ada urusannya. Akhlak orang ya akhlak orang, hijab ya hijab. Ya jangan salahkan hijabnya, salahkan akhlaknya. Tapi orang juga bisa berubah. Jadi baiknya enggak usah menghina atau menyindir.
Uus: Enggak ngaruh kan berhijab mah cuma buat nutup aurat, akhlak mah belakangan jadi ya gua bakal tetep ngomong. Entah hijab atau engga, akhlak urusan belakangan kan ya? yang penting nutup aurat, besok aku pake baju diving deh.
Wirda Mansur: Makan cabe kalau enggak segera minum bakalan lama redanya. Begitu pula hijab, enggak bisa langsung berubah tapi perlahan-lahan bisa.
Uus: Cewek biasa ngerokok gapapa, cewek hijab ngerokok kok ya pikiran orang ‘Pake hijab kok ngerokok’ , dari situ aja kita tahu hijab punya power.
Saya tidak berpihak ke siapapun. Keduanya benar.
Wirda Mansur benar karena setiap orang itu berproses. Tidak serta merta yang pake hijab kelakuannya langsung baik. Kita semua harus mengapresiasi semangatnya.
Uus benar pas dia katakan: Hijab punya power!

Hijab dan Lelaki Ganteng Sholeh



selfie stick
Source: bersamadakwah.net

Kasus Wirda Mansur dan Uus mungkin sudah lama. Nah, baru-baru ini ada fenomena baru. Tertanggal 11 November 2016 seorang Qari Muda Hafizh nan Ganteng datang ke Indonesia dalam sebuah acara bertajuk Heaven on Earth: Success with Quran. Namanya Fatih Seferagic.
Di sini poin mirisnya. Iya, kalau perempuan berhijab yang mengidolakan artis K-POP terus jejeritan masih dimaklum, mungkin mereka masih mencoba berhijab. Tapi ketika yang diidolakan adalah seorang lelaki ganteng sholeh tetapi masih jejeritan … hijabnya buat apa?
Kemarin saya baca tulisan yang jleb di selasar.com. Saya screen shoot yang menjadi poin utamanya.
fatih seferagic ke indonesia
Source: selasar.com

qari amerika fatih seferagic
Source: selasar.com

Yes. Hijab adalah identitas seorang muslimah. Saya akan mengutip satu kalimat dari tulisan di situs tersebut,
Perilaku dari pemeluk suatu agama tentu akan mempengaruhi citra dari agama itu sendiri di mata orang lain, sehingga menjaga nama baik dan norma agama merupakan tanggung jawab bersama.
Tulisan Tere Liye ini patut untuk direnungkan.

tere liye rindu
Source: facebook.com


Nah, sekarang saatnya hal-hal yang jorok. Jejeritan mungkin terlalu berlebihan karena presentasi hijabers yang suka jejeritan agaknya sedikit. Agaknya.


Selfie dan Penjahat Kelamin



selfie kekinian cantik
Source: islampos.com

Saya, di organisasi dakwah kampus, termasuk orang yang concern sekali dengan anggota-anggota perempuan, yang notabene berkerudung lebar, pake gamis, tetapi masih suka selfie dan menguploadnya di media sosial. Saya sering sentil, tuh. Tapi ya … gitu lagi.
Maka, berbekal sebuah kekhawatiran hal tersebut berujung pada dosa jariyah, saya ingin menuliskan fakta menjijikan di dunia internet yang harus kamu ketahui, cantik.
Seperti yang sudah saya katakan pada monolog di atas, bahwa ada sebuah forum yang isinya lendir semua. Jangan tanyakan saya dapat informasi dari mana, tetapi inilah fakta menjijikan yang saya dapatkan. Semoga Allah ampuni penjelajahan saya.

bahaya-selfie-4

bahaya-selfie-3

Oke, 2 foto dulu. Itu adalah salah satu akibat dari kamu, cantik, yang sering selfie dan upload foto ke sosial media. Saya tidak akan melarang, saya hanya akan meminta untuk merenungkan.
Jadi, di forum tersebut para penjahat saling tukeran foto hijab hasil hunting mereka. Kamu lihat ada [Not Anudi judulnya, artinya ada postingan-postingan lain tanpa ‘not’. Dan memang benar-benar ada.
Lalu ada tulisan Mas***basi, tahu apa maksudnya? Artinya adalah main sendiri.
Kemudian, yang satunya lagi adalah situs-situs lendir dimana perempuan tanpa sehelai benang pun menari-nari. Mau foto kamu yang berhijab disandingkan dengan hal-hal semacam itu? Silakan renungkan.
Next.


bahaya-selfie-5


bahaya-selfie-6


bahaya-selfie-7


bahaya-selfie-8


Hijab yang kau kenakan tidak cukup kuat untuk menahan kecerdikan laki-laki dari membuka benang-benang izzahmu itu. Di atas, saya highlight tulisan SSI. Tahu SSI itu apa?
SSI adalah kependekan dari Spik Spik Iblis. Jadi, itu adalah sebuah teknik yang dapat meluluhkan hati perempuan sehingga mau melakukan apapun yang diminta si pengguna SSI. Cuma chatting biasa memang, tapi … perempuan kalau sudah jatuh sulit menolak permintaan. Benar apa benar? Coba direnungkan. Apa awal mulanya? Selfie.
Saya kasih tahu, ya. Laki-laki itu, dengan dominasi logikanya dapat dengan mudah membayangkan seperti apa bentuk di balik kain yang menutupi tubuhmu itu. Hanya dengan melihat saja.
Next.

bahaya-selfie-1


bahaya-selfie-2

Kalian tahu apa itu coli? Coli itu Onan-i. Bacol? Bahan Coli. Foto yang kamu upload ke sosial media didownload lalu dijadikan bahan buat anuan. Rela? Coba direnungkan. Bahkan sampai pengin anu di wajahnya. Menjijikan.
Next.

bahaya-selfie-9


Foto yang satu ini … kamu tidak akan pernah ingin tahu akhirnya bagaimana. Yang jelas … perempuan yang di foto itu katanya binor, bini orang, dilucuti tanpa benang sehelai pun. Awalnya dari apa? Selfie. Kemudian di SSI, akrab, mulai ngobrol ngeres, terbiasa, diminta, lalu terjadilah … diajak main anu di hotel melati.
Masih banyak postingan-postingan serupa, bahkan ada hijab yang lebih lebar dari foto-foto di atas tetapi masih bisa dilucuti dengan tidak hormat. Astaghfirullah.
Nah, pertanyaannya. Setelah tahu fakta menjijikan ini, masih mau selfie? atau … mengupload foto pribadi ke sosial media, cantik?
Jangan sampai cantikmu memicu maksiat orang lain, lalu menjadi musibah untukmu. Terakhir, saya mohon doakan agar Allah ampuni penjelajahan saya ini. Hanya demi memberitahu kamu bahwa ada belantara yang tidak bisa kamu jelajahi sendiri. Saya hanya membantu.
Sekali lagi, saya tidak akan melarang kamu selfie, tapi … mohon untuk direnungkan.
Silakan share sebanyak-banyaknya. Selamatkan orang tersayangmu dari penjahat kelamin di internet.


Source: http://satriabajahitam.com/selfie-cantik-kekinian/

COMMENTS

Nama

Agama,2,Editorial,4,Filsafat,1,Histori,1,Islam,1,Kiri,1,Muhammad,1,Musik,1,Opini,1,Pemuda,2,sains,1,Tasawuf,2,Tokoh,2,Wanita,1,
ltr
item
SANTRI GAUL: Dampak Bagi Anda yang Suka Selfie Cantik
Dampak Bagi Anda yang Suka Selfie Cantik
https://i0.wp.com/satriabajahitam.com/wp-content/uploads/2016/11/selfie-siluet.jpg?resize=700%2C430
SANTRI GAUL
http://blog.santrigaul.com/2016/11/dampak-bagi-anda-yang-suka-selfie-cantik.html
http://blog.santrigaul.com/
http://blog.santrigaul.com/
http://blog.santrigaul.com/2016/11/dampak-bagi-anda-yang-suka-selfie-cantik.html
true
6978532297694378289
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy